Page

Monday, December 30, 2013

Jakarta!

Jum'at lalu (27 Desember 2013), kami (saya, Azmi, Dika, Apri) pergi ke Jakarta untuk memberikan surat pengajuan magang ke kantor OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Rencana awal sih ngumpul di Stasiun Bogor pukul 07.00 pagi, tapi karena saya dan Azmi baru pulang dari Bandung (tiba di kos tengah malem, malem jumat lagi.. *lalu?) dan masih sangat lelah, jadinya kami telat berangkat dari kos, maaf ya buat teman-teman yang udah nunggu lama :(.

Rute menuju lokasi: dari Stasiun Bogor naik commuterline jurusan Jakarta Kota dan turun di Stasiun Gondangdia. Meskipun sudah mengantongi alamat lengkap kantor OJK tapi tetap saja kami sempat tersasar dan berjalan kaki lumayan jauh, huft

gedung Bank Indonesia

Dapatkan kartu ini dengan menyerahkan KTP-mu kepada Bapak Satpam di pintu gerbang

lantai 6, Gedung D
Sesampainya di Kompleks Bank Indonesia, kami segera menuju alamat yang tertera di surat pengajuan (Gedung A). Namun, ternyata urusan administrasi pengajuan magang ada di gedung D lantai 6 yang dinaungi oleh Direktorat Sumber Daya Manusia. Kami harus menunggu lagi hingga pukul 13.00 karena masih waktu istirahat. Sembari menunggu, kami makan siang di kantin BI, kantinnya lumayan ramai, harganya? kalo menurut saya untuk karyawan sangat terjangkau, apalagi sekelas karyawan BI. Bagi kami yang mahasiswa, tentunya lumayan menguras isi dompet hehe. Biasanya kan beli makanan di sekitar kampus tidak sampai 10ribuan, kalo disana rata-rata harganya di atas 15ribuan.  

Setelah makan dan sholat, Kami langsung ke lokasi untuk memberikan surat kepada Direktorat SDM. Sayang sekali, kami tidak bertemu langsung dengan pihak SDM nya :(. Jadinya kami pun menitipkan surat tersebut ke bagian resepsionis dan meninggalkan kontak yang bisa dihubungi sekiranya pengajuan magang kami diterima/ditolak. Okay! dan itu hanya memakan waktu 10menit sangat jauh perbandingannya jika mengingat susah dan lamanya nyari alamat OJK. Yah, inilah lika liku perjalanan yang harus dilalui demi terwujudnya keinginan untuk magang #aseek.

Mumpung sedang di Jakarta kami juga menyempatkan jalan-jalan ke monas. Dari Kompleks BI ke Monas lumayan dekat dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Tiket masuk ke cawan monas untuk mahasiswa adalah Rp.3000, murah meriah ya ^_^. Sayangnya, pengunjung tidak bisa masuk ke puncak monas karena ada perbaikan hingga tanggal 31 Desember 2013 (ulang tahun saya dong?#pentingini #salahfokus #haha panda
Monas!
antrian beli tiket ke cawan monas
di atas cawan monas

Berpose dengan ondel-ondel tanpa empu-nya. Si empu-nya yang seorang anak kecil  bersedia jadi fotografer kami! *Makasi ya dek dan semangat menggotong ondel-ondel yang lebih besar dari badanmu :((

 Bersempit-sempit di dalam bajaj *untung muat ber-empat*! dan ini pertama kalinya saya naik bajaj
  photo 10.gif


Kami pulang dengan naik commuterline dari Stasiun Juanda. Dan akhirnya sampai juga ke Kota Hujan dengan selamat, Alhamdulillah...perjalanan yang mengesankan dan menyenangkan.



Sunday, December 29, 2013

Bandung! :D

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata impian saya. Kenapa? Ya banyak tujuan wisata menarik disana, mulai dari wisata kulinernya, wisata alam, dan tentunya saya ingin menjelajahi daerah baru. Nah! Tanggal 25 Desember lalu, saya berkesempatan mengunjungi Bandung bareng Suci/Uci dan Azmi.

Friday, December 13, 2013

Eksyar 48 goes to BAZNAS Bogor!

Rabu, 11 Desember 2013 kami (eksyar 48) berkunjung ke BAZNAS Kota Bogor, kunjungan ini menggantikan pertemuan ke-12 Mata Kuliah Ekonomi dan Hukum Zakat. Saya pribadi berharap untuk kuliah yang lain juga bisa berkunjung ke Lembaga Keuangan Syariah Bank maupun non-Bank yang berkaitan dengan perkuliahan. Seperti ke Pegadaian Syariah, Asuransi Syariah, dan banyak lagi deh :). Selain tahu mengenai teori, makin afdhol rasanya jika langsung melihat praktiknya *ceilaaah* :p

Sunday, November 10, 2013

Indonesia Book Fair 2013



Liburan beberapa hari setelah UTS itu rasanyaaa seru, seru jika diisi dengan kegiatan menyenangkan tentunya, setelah penat berkutat dengan soal ujian, hehe

Jum’at 8 November 2013,

10 November 2013

Waktu sudah menunjukkan pukul 0:44 ketika saya mulai mengetik untuk postingan ini, 10 November..yap! tentu kita tahu bahwa 10 November merupakan Hari Pahlawan...
Sebelum masuk ke inti dari tulisan ini, saya ingin mengucapkan

SELAMAT HARI PAHLAWAN!

Monday, October 14, 2013

Terima Kasih

Assalamu'alaikum, apakabar? sudah lama saya tidak menyentuh blog ini..ahay, #sekarang pake kata "saya" aja deh, supaya kedengeran lebih kece. hehe

Beberapa waktu yang lalu...

Thursday, July 11, 2013

Love this part! #Itazura Na Kiss Love in Tokyo

Itazura Na Kiss Love In Tokyo (2013) adalah salah satu dorama jepang favorit saya. Ya, cerita cinta lucu berbalut romantisme ala remaja #eaa.. Saya suka setiap episode dan adegan di dorama ini. Recommended banget lah. Nah, scene di Episode 8 ini sukaa banget deh, terutama dialognya dan tentunya, pemandangannya yang kece (y). Monggo diliat :D


Kotoko lucu bangeeet :3
Irie Naoki : I'd never had something that was a big deal until recently
Aihara Kotoko : o.o


Irie-kun : But since u gave me ur love letter in the senior year of high school, almost everyday, there is a big deal and frustation *hahaha, segitunya*
Kotoko masih dengan wajah bengong _._


trial? *kejam sih ya* wkwkwk

Kotoko.. Sing sabar yoo, haha

 the first trial coooy !!



Irie-kun : But I realized that my life is more interesting when i am facing a challenge rather than having no hardships. *nah! kan semua ada hikmahnya :D*

U're welcome 

view nya kece gilaa ♥

Kece kan?

Tuesday, July 2, 2013

Sunday, June 23, 2013

Mari kita masak :D


Hari ini dikosan ada acara masak bareng, Banyak rencana yang udah kita rancang dalam rangka perpisahan dengan beberapa anggota kosan. hiks, sedih. Awalnya pengen ke Mekar Sari, sempet juga kepikiran buat jalan-jalan ke KRB (Kebun Raya Bogor). Tapi semua itu ga jadi karena banyak yang ga bisa. Yaudah, tadi malem kita diskusi buat rencana masak-masak hari ini. Menunya apa? Masak apa aja? Mau masakan berat atau cemilan? banyak deh.. hehe. Sampai-sampai searching di mbah google tentang menu masakan yang unik, Ide awalnya kita pingin masak masakan Kalimantan, berhubung ada Kak Feb yang berasal dari Kalimantan. Tapi kak feb sendiri malah bingung dengan masakan Kalimantan haha.. kak feb... kak feb...

Lanjut ke alternatif ke-2, masakan daerah si Azmi, Bengkulu. Tapi haduuuh kok bahan-bahannya mahal semua? ditambah lagi BBM udah naik -_- makin mahal dong? Ya ampun, sekedar info aja nih, tadi malem kita diskusi panjang buat ngebahas menu  yang mau dimasak hari ini, ckckck... yap! kita juga sempet kepikiran masak masakan luar negeri.*ceilaaah* 

Setelah berpusing-pusing dengan menu, akhirnya yang terpilih sebagai bahan baku masakan kita adalaaaah TEMPE!
Inilah hasilnya! Jreng jreng jreng!!! Jangan ngiler yee :p

Monday, May 20, 2013

Semangat Semangat Semangat ! \(^o^)/

Biarkanlah hari terus berlari
Tetaplah jadi manusia mulia, apa pun yang terjadi 
Janganlah galau dengan tiap kejadian sehari-hari
Karena tak ada yang abadi, semua kan datang dan pergi 
Jadilah pemberani melawan rasa takutmu sendiri 
Karena lapang dan tulus adalah dirimu sejati
Janganlah pandang hina musuhmu
Karena jika ia menghinamu, itu ujian tersendiri bagimu
Takkan abadi segala suka serta lara
Takkan kekal segala sengsara serta sejahtera

Merantaulah. Gapailah setinggi-tingginya impianmu
Bepergianlah. Maka ada lima keutamaan untukmu 
Melipur duka dan memulai penghidupan baru
Memperkaya budi, pergaulan yang terpuji,
serta meluaskan ilmu  

Diadaptasi dari bait syair-syair Imam Syafii (767-820 M)  
Source : Rantau 1 Muara

Saturday, April 20, 2013

Tahapan Pelarangan Riba Menurut Sayyid Quthb


Umumnya kaum muslim telah memahami bahwa Riba hukumnya haram, namun kebanyakan mereka berdalih dengan berbagai alasan karena memandang uang sebagai komoditi. Riba diharamkan karena sangat merusak pondasi perekonomian ummat. Namun, pengharaman riba diturunkan bertahap agar dapat mudah dipahami oleh umat.

Menurut Sayyid Quthb, tahapan pelarangan riba dibagi kedalam 5 tahap, sebagai berikut :

Friday, April 19, 2013

19 April 2013

Selamat Ulang Tahun Ke-50 pa... :) 

Banyak do'a yang tercurah untukmu, dan tak mampu jari-jariku untuk menuliskannya disini.  
video

"there are no perfect fathers, but a father will always love perfectly"

You're the best father ever ^_^
i love u with all my heart

Saturday, March 30, 2013

Asal Usul Pemikiran Ekonomi Islam

 Asal-Usul Pemikiran Ekonomi Islam
  • Praktek Ekonomi sudah ada semenjak manusia lahir ke muka bumi.
  • Sumbernya dari Al-Qur'an, Sunnah, Sejarah Peradaban umat Islam, dan berbagai data yang berkaitan.
  • Pemikiran Ekonomi Islam merupakan respon para pemikir muslim terhadap tantangan ekonomi pada masa itu.
Kegiatan ekonomi masyarakat arab pada saat itu adalah pertanian, peternakan, dan perdagangan. Masyarakat Arab juga sudah mengenal peralatan pertanian semi modern seperti alat bajak, cangkul, garu, dan tongkat kayu untuk menanam. Penggunaan hewan ternak juga untuk kegiatan ekonomi. Masyarakat Arab telah mengenal penyilangan pohon tertentu untuk mendapatkan bibit unggul, sewa menyewa lahan, sistem bagi hasil, dll. Mereka juga telah terbiasa melakukan perdagangan dengan negara lain (ekspor dan impor) dan telah menggunakan uang emas dan perak.

Sejarah Islam dan Masa Depan Sistem Ekonomi Islam
  • Kajian tentang sejarah sangat penting sebagai laboratorium umat manusia.
  • Kajian tentang sejarah akan membantu menemukan sumber-sumber pemikiran ekonomi Islam Kontemporer
  • Bahaya I : Adanya ketidaksinambungan antara teori dan aplikasinya karena ketidakmampuan pemikir ekonomi Islam modern membedakan secara jelas antara konsep Islam an aplikasi historiknya.
  • Bahaya II : Pembatasan teori dengan sejarah karena pemikir ekonomi islam kontemporer menganggap bahwa pengalaman historik itu mengikat bagi kurun waktu sekarang.
  • Pada gilirannya, teori ekonomi Islam yang dimunculkan hanya bersifat historik dan tidak bersifat ideologic.
Source : Bahan Mata Kuliah "Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam"

Sejarah Ekonomi Dunia


A. Pemikiran Ekonomi Pra-Klasik 
1. Zaman Yunani Kuno
Menurut catatan sejarah, bangsa Yunani Kuno yang mempunyai peradaban tinggi melarang keras peminjaman uang dengan bunga. Socrates dan Aristoteles menilai sistem bunga merupakan sesuatu yang tercela dan tidak adil. Mereka melarang riba/bunga atas pinjaman modal pinjaman karena uang dinyatakan sebagai "ayam betina yang tidak bertelur", sekeping mata uang tidak bisa beranak kepingan uang lain.

Sementara itu, Plato dalam bukunya "Laws" mengutuk bunga dan memandangnya sebagai praktek yang zalim. Plato juga dapat dikatakan sebagai orang pertama yang sangat mengecam kekayaan dan kemewahan.  

Aristoteles (384-322 SM) merupakan salah seorang murid Plato yang terkenal. Kontribusi Aristoteles yang paling besar terhadap ilmu ekonomi ialah pemikirannya tentang pertukaran barang dan kegunaan uang. Aristoteles juga menolak kehadiran pinjam meminjam dengan bunga. Uang hanya alat tukar semata.  

Suatu hal yang patut dicatat dari masa Yunani Kuno adalah bahwa orang sudah mengenal paham hedonisme, yang dapat dikatakan sebagai cikal bakal paham matrelinealistik yang dikembangkan di Eropa pada abad ke-17 dan ke-18.


2. Zaman Romawi
Romawi dikenal dengan kekuasaan dan tentara yang besar, Romawi lebih concern pada kekuatan militer dengan penaklukan-penaklukannya dibanding dengan Yunani yang lebih banyak melahirkan Filosof.

Pendapatan lebih banyak dititikberatkan pada pajak, kredit, menambah kekayaan pemilik tanah saat perang dan rekonstruksi. Hukum Romawi menjadi inspirasi praktek hukum di barat dan lebih absolute dalam perlindungan terhadap hak milik dan kontrak. 
Romawi juga melarang keras setiap pungutan atas bunga dan pada perkembangan berikutnya mereka membatasi besarnya suku bunga melalui undang-undang. Romawi adalah negara pertama yang menerapkan peraturan tentang bunga untuk melindungi para konsumen.

3. Pemikiran Kaum Skolastik
Abad ke-15 terjadi revolusi industri dan lahirnya pemikiran ekonomi dari kaum skolastik. Ciri utama dari aliran pemikiran ekonomi Skolastik adalah kuatnya hubungan antara ekonomi dengan masalah etis serta besarnya perhatian pada masalah keadilan. Hal ini, tidak lain karena ajaran-ajaran skolastik mendapat pengaruh yang sangat kuat dari ajaran gereja.

Tokoh utama dari aliran skolastik adalah St. Albertus Magnus (1206-1280) dan St. Thomas Aquinas (1225-1274). Albertus Magnus adalah seorang filsuf religius dar Jerman. Salah satu pemikirannya yang terkenal adalah pendapatnya tentang harga yang adil dan pantas (just price) yaitu harga yang sama besarnya dengan biaya-biaya dan tenaga untuk menciptakan barang tersebut. Sedangkan Thomas Aquinas adalah seorang teolog dan filsuf Italia, ia juga sangat mengutuk bunga dan memvonisnya sebagai riba serta orang yang memperanakkan uang disebut dosa. Dalam bukunya Summa Theologica, Aquinas menjelaskan bahwa memungut bunga dari uang yang dipinjamkan adalah tidak adil, sebab ini sama artinya dengan menjual sesuatu yang tidak ada. Bunga atas uang yang dipinjamkan adalah sesuatu yang bersifat abstrak.

Pandangan Thomas Aquinas mirip dengan pandangan Aristoteles yang juga mengutuk bunga sebab dengan bunga orang memperoleh keuntungan tanpa usaha dan biaya. Hal ini juga sepaham dengan ajaran Islam yang melarang pengambilan riba oleh seseorang. Namun sayang, baik pandangan Aristoteles, maupun pandangan Thomas Aquinas tidak dipakai lagi dalam ekonomi konvensional modern.

4. Masa Merkantilisme
Dimulai pada abad ke-17 dengan adanya perkembangan organisasi kegiatan ekonomi dan masyarakat. Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volume perdagangan global sangat penting. Cirinya adalah mengedepankan surplus perdagangan, meningkatkan ekspor dan mengontrol impor agar neraca perdagangan dengan negara lain selalu positif. Negara juga harus melakukan perlindungan terhadap perekonomiannya. Pada masa ini mulai lahir sistem Kapitalisme serta terjadinya peperangan dalam rangka menjaga perekonomian negara.

5. Mazhab Fisiokratis
Fisiokratis beranggapan bahwa sumber kekayaan adalah sumber daya alam.Tokoh utamanya adalah Francis Quesnay (1694-1774). mereka percaya akan hukum alam yang penuh dengan keselarasan dan keharmonisan, ini berlaku kapan saja, dimana saja dan dalam situasi apapun.

B. Pemikiran Ekonomi Klasik

1. Adam Smith (1723 -1790)
Hakikat Manusia:
- Manusia sebagai makhluk sosial tidak suka hidup individualistik.
- Manusia makhluk rasional dan memiliki kebebasan, akalnya bisa membedakan yang baik dan yang buruk.
- Sikap egoisme dan rakus manusia akan memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan secara keseluruhan.

         2. Thomas Robert Malthus (1766-1834)
- Populasi yang bertambah akan menurunkan keuntungan, dan akan menambah jumlah pengangguran yang menyebabkan ekonomi dalam kesulitan.
- Menentang perdagangan bebas dan bantuan pemerintah terhadap pihak miskin.
- Ilmu ekonomi harus bedasar pada empiris.
- Laba harus kembali ke kapitalis (pemodal), karena dia penyedia peralatan dan modal.

3. David Ricardo (1772-1823)
- Teori tentang nilai dan harga barang dan yang berkaitan tentang itu
- Teori tentang distribusi pendapatan sebagai pembagian hasil dari seluruh produksi dan  disajikan sebagai teori upah, sewa tanah, bunga dan laba (teori sewa diferensial)
- Teori tentang perdagangan internasional (comparative advantage) 
- Teori tentang akumulasi dan perkembangan ekonomi
4. Mazhab Sosialis / Komunis

- Muncul karena reaksi terhadap sistem kapitalis yang hanya menguntungkan segelintir orangkaum borjuis (bangsawan). 
- Sosialis pada awalnya ditujukan kepada sistem pemilikan dan pemanfaatan sumber produksi secara kolektif.
- Tokoh : Sir Thomas More(1478-1535) dengan idenya sebuah "negara impian", Karl Heindrich Marx, Jerman (1818-1883) Marxisme. Vladimir Illich Lenin, Rusia (1870-1924) Leninisme.

Source :
  • Perkuliahan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam
  • "Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam : Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer" oleh DR Euis Amalia, M.Ag

Regards, 
Rima Annisa Putri




Friday, March 29, 2013

Untukmu, sahabatku

Manusia
Tahukah kalian beberapa hal tentang manusia?
Aku rasa kalian tahu
Saya pun tahu
Ya, kita semua tahu
Hanya saja, terkadang kita lupa
Lupa akan takdir penciptaan manusia
Manusia
Tahukah kalian apa itu manusia?
Apa itu kita?
Manusia adalah masterpiece ciptaan Allah Swt
Manusia adalah karya agung Tuhan semesta alam
Tak pernah ada makhluk sesempurna manusia
"Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya: (95:4)"
Ingatkah kita akan sebuah peristiwa dalam sejarah penciptaan manusia?
Sebuah kejadian besar
Pertama kalinya malaikat yang teramat taat itu "mempertanyakan" kehendak-Nya
Ingatkah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi".
Mereka berkata : Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa
bertasbih dengan memuji engkau dan mensucikan engkau?
Tuhan berfirman : "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (2:30)
Lihatlah kawan, betapa Sang Maha pengasih membela kita
Setelah itu mereka diminta sujud kepada Nabi Adam as sebagai manusia pertama 
Yang sujud, dirahmati
Yang enggan, dimurkai
Surga menjadi tempat tinggal pertama manusia
Dan tempat terakhir bagi yang bertaqwa
Kini semoga kita tercerahkan
Bahwa manusia adalah karya terbaik Tuhan semesta alam
Bukan sebagai penegak dada simbol keangkuhan dan kecongkakan
api sebuah perenungan akan cinta Tuhan terhadap ciptaan

Selamat Berjuang di Fakultas masing-masing saudaraku
Tak apalah kau tak yakin dengan dirimu 
Asal kau yakin pada Tuhanmu
Tak mengapa kau ragu dengan hasil usahamu
Asal kau yakin dengan kebaikan takdir Tuhanmu
Tak mengapa kau ragu dengan kemampuanmu
Asal kau yakin akan kemampuan Tuhanmu untuk memampukanmu
Sebab Tuhanmu telah lebih dahulu yakin dengan dirimu 
Sebelum engkau yakin dengan diri-Nya

By: Divisi Syiar, Rohis Ekonomi Syariah 48.


 

Blog Template by BloggerCandy.com