Page

Sunday, March 2, 2014

Pengalaman Magang di Otoritas Jasa Keuangan

Terhitung dari tanggal 1 januari 2014 fungsi pengaturan, perizinan dan pengawasan perbankan dialihkan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan. 


Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman magang di Otoritas Jasa Keuangan. Saya magang tepatnya tanggal 20 Januari hingga 7 Februari 2014. Memang hanya sebentar, karena kami mempertimbangkan waktu kuliah yang akan dimulai tanggal 10 Februari. Tapi tidak mengapa, waktu 2 minggu magang disini telah meninggalkan kesan tersendiri bagi saya dan tentunya pengalaman.  Ada pepatah yang mengatakan "Pengalaman adalah guru yang berharga" bukan?


Bagaimana bisa magang di OJK?

Saya dan teman-teman membuat surat permohonan magang di OJK sebulan sebelum magang. Tepatnya di pertengahan bulan Desember 2013. Di awali meminta surat rekomendasi dari Fakultas dengan sebelumnya menjelaskan tujuan magang kita apa, apakah penelitian? Mencari pengalaman? atau Mengisi liburan? yang terpenting adalah tujuan kita jelas. 


Akhirnya kami pun memperoleh persetujuan dari pihak fakultas untuk magang di OJK. Sempat terpikir untuk mengirimkan suratnya lewat email saja. Namun, setelah dipikir-pikir akan lebih baik mengajukan secara langsung ke kantornya. Akhirnya tanggal 27 Desember 2013, saya dan ketiga teman saya pergi ke Jakarta tepatnya ke lokasi Bank Indonesia. Jika naik Commuterline berhenti di stasiun gondangdia, dari stasiun bisa naik ojek atau bajaj menuju lokasi.


Oh iya, satu hal yang saya lupa. Surat pengajuan magang dialamatkan ke Direktorat Sumber Daya Manusia Otoritas Jasa Keuangan. Direktorat SDM ini berada di Gedung D Lantai 6 Kompleks Bank Indonesia. Setelah memberikan surat, kami meninggalkan no hp untuk mendapatkan kelanjutan info apakah pengajuan magang kami diterima atau tidak.


Selang beberapa hari kemudian, Salah satu staff Direktorat SDM OJK menghubungi kami dan memberi tahu bahwa pengajuan magang kami diterima. Alhamdulillah, niat untuk mengisi liburan yang bermanfaat kali ini dapat terealisasi. Saya dan 3 teman saya ditempatkan magang di Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Meskipun sebenarnya kami ingin ditempatkan di Direktorat Perbankan Syariah, tapi tak mengapa karena biasanya mahasiswa magang ditempatkan di Direktorat SDM atau PSDM.


Sehari sebelum magang tepatnya 19 Januari 2014, saya dan teman berangkat dari Bogor menuju tempat kos di Jakarta. Lokasi dari tempat kos menuju kantor tidak terlalu dekat, jika ditempuh dengan jalan kaki dapat memakan waktu sekitar 45 menit. Alternatif agar tidak terlambat masuk adalah dengan naik Bajaj setiap pagi. Jam kerja dimulai pukul 07.10 am.


Hari pertama magang diawali dengan perkenalan dengan Direktur PSDM, Kepala Divisi, dan para staff. Para pegawai di OJK sangat ramah dan menyambut kami dengan baik. Selanjutnya, kami dibagi kedalam 3 divisi, saya di divisi administrasi, 1 teman saya di pengembangan modul, dan 2 teman saya yang lain di divisi pelaksanaan. Kami diinstruksikan untuk menemui user masing-masing.


Kendala yang kami temui di hari pertama kerja adalah, kami tidak membawa laptop. Karena kami mengira ada perangkat komputer yang memang dikhususkan untuk mahasiswa yang magang.Ternyata dugaan kami salah, untungnya Ibu Asih (Kasubdiv di PSDM) berbaik hati meminjamkan kami laptop. Hari pertama kami magang dimulai dengan menginput dan mengolah data. Untuk hari-hari selanjutnya, berjalan lancar dengan tugas-tugas yang dilimpahkan kepada kami. 


Disela-sela kerja, Direktur PSDM dan para Kepala Divisi di direktorat ini dengan ramah menceritakan pengalaman mereka dan berbagi tips kerja kepada kami. Sungguh pengalaman berharga selama 2 minggu magang di OJK. 


Terima kasih untuk Kampus dan OJK yang telah memberikan kesempatan kepada saya dan teman-teman untuk mencari pengalaman di OJK. Terutama kepada Direktorat PSDM yang membimbing kami dengan baik dan sabar dengan segala pertanyaan-pertanyaan kami. Kepada pak Toto, Pak Horas, Pak Rifqi, Pak Aad, Bu Asih dan staff OJK lain yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu, Terima kasih banyak. 


Semoga saya bisa menjadi bagian dari OJK setelah lulus kuliah nanti. Aamiiin

kami ditempatkan di ruang rapat Direktur PSDM, luas banget buat 4 orang

bye! semoga bermanfaat :D


more info: http://www.ojk.go.id


43 comments:

annisa faradita said...

pengen magang di ojk juga lalu ketemu blognya mbak, dr univ dan jurusan apa ya kak?

Rima Annisa Putri said...

IPB Ekonomi Syariah , dek :)

annisa faradita said...

brati timing dan waktu untuk magang kita sendiri yang tentukan ya? masih ada contoh proposalnya gk kak? mau dong :)

rahasia said...

kalau magang di divisi perbankan syariah nya sendiri menggunakan hijab gak kak? terimakasih :)

Rima Annisa Putri said...

@Annisa Faradita: Iya, ga pake proposal kok. Saya dan teman2 pake surat dari fakultas saja.
@rahasia: hmhm kalau itu saya kurang tau :). Soalnya kami ditempatkan di Direktorat PSDM bukan di perbankan syariah.

nurul adha chairina said...

untuk magang di OJK apakah selalu ditempatkan di OJK jakarta?
info ojk membuka magang lagi atau ga bisa liat dimana ya?
Thx

Rima Annisa Putri said...

Tergantung daftar di OJK mana, kalau untuk info magang saya dkk langsung menanyakan ke kantor OJK di Jakarta mba.

Aida Masyithoh said...

Aslm mba rimaa

Aida Masyithoh said...

Aq mau tanya dung kak..kalau magang sendiri mereka welcome tdk yaa kak..aq tdk sprt kak rima yg bareng" dengan teman"..trims :)

diamonds7stuff said...

mba, yg dibawa berkas pengantar dr kampus aja ya, apakah ada yg lain juga? untuk magang. trims mba sebelumnya. mohon bantuannya.

Rima Annisa Putri said...

Waalaikumsalam mb Aida,
Semuanya welcome kok :) mulai dr staff hingga direkturnya sangat ramah dan membantu selama magang. Ga masalah mau sendiri atau sama temen2 :)

Rima Annisa Putri said...

Iya mba. Tpi tergantung tujuan kita,
Kalau utk penelitian sepertinya juga disertai proposal :)

Lisda Ariyani said...

maaf jika bertanya lagi, jika ingin memasukkan cv via email. melihat info email yang dapat di kirim dmn ya terimakasih info nya

Lisda Ariyani said...

maaf jika bertanya lagi, jika ingin memasukkan cv via email. melihat info email yang dapat di kirim dmn ya terimakasih info nya

muhammad abaz said...

Wah, seru juga pengalaman magangnya !

Jadi inget Tempat Magang Di Jogja dulu sewaktu belajar tentang dunia internet marketing.
Nggak kalah seru lah, meski gak punya basic IT tapi tetap dibimbing 3 bulan sampai bisa menghasilkan di dunia internet marketing.

Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

Eko Muhyi Syafaat said...

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat salam dari PEMBICARA INTERNET MARKETING MALANG

Aida Masyithoh said...

Aq sudah mencoba nya kak..tp tdk smudah crita kak'rima :( aq hnya mendapati jwbn sudah penuh ntk magangnya.. i feeling so hopeless

Rima Annisa Putri said...

Halo Aida :)
Saya dkk "dipermudah" jalannya karna beberapa hal:
1. Kami mengajukan permohonan magang sebelum OJK dialihkan fungsi pengaturan, perizinan dan pengawasan perbankan dari Bank Indonesia (1 Januari 2014)
2. Nah, pada saat itu OJK sendiri belum memiliki program khusus bagi mahasiswa magang dan peminat magangnya belum sebanyak sekarang.
3. Iya kuota tentu saja cepat penuh seiring meningkatnya minat mahasiswa magang di OJK.
4. Saat ini OJK punya program khusus utk mahasiswa magang, dan tentunya juga ada seleksi (contoh teman saya yg tahun ini ikut magang di OJK harus menyertai paper/proposal penelitian + motivation letter)
Begitu mba, jangan sampe hopeless begitu.. Semangat!!

Aida Masyithoh said...

Kalau boleh tau kak'rima rekomendasi atau independen yaa???

Rima Annisa Putri said...

independen kok :')

Rizqomaulana saputra said...

Mba, waktu magang di OJK, saat mengerjakan tugasnya" masing masing sebelumnya diberi arahan dulu bagaimana cara mengerjakanya, atau langsung dilepas ke mbanya?

Rima Annisa Putri said...

iya, sebelumnya diberi arahan dulu mas..

hafizh ardhito said...

kak mohon infonya dong proses a magang di ojk . bisa minta contoh proposal a gak kak ? dan boelh minta kontak telp atau wa atau email buat nanya2 lebih lanjut. makasih kak :)

Rima Annisa Putri said...

saya tidak menggunakan proposal, boleh. ini emailnya: rimaannisaputri@yahoo.co.id

achmad lutfi said...

misi mo nyanya dong, kalo jurusan komputer akuntansi magang di ojk kira2 di terima gk yah..

Ade Fitri Christiani Lambut said...

Mbak, boleh minta id line?

Rima Annisa Putri said...

kurang tau juga ya.. sepertinya bisa, coba saja dulu :)

Rima Annisa Putri said...

iya boleh, rimaannisap

Avinta Azizah said...

Kak, aku kirim pertanyaan ke email kakak di rimaannisaputri@yahoo.co.id ya hehe mohon infonya terimakasihh :)

andriani witri herlina said...

mba boleh minta line ato pin untuk tanya2 magang di ojk hehe

Rima Annisa P. said...

Avinta: udah dibales yaa :)

Rima Annisa P. said...

andriani: ngrim email ke saya juga bukan? udah saya bales yaa..
id line: rimaannisap

Zee Blog said...

Kak dapet gaji gak magang disana?

Maristella Damanik said...

Kak, aku kirim pertanyaan ke email kakak di rimaannisaputri@yahoo.co.id. Mohon infonya kak thank you :)

gede ardi said...

selamat sore mbak, terimakasih blog nya sangat bermanfaat. saya telah mengirim email, mohon bantuannya :)

nur habibah said...

ass kak.. kakaknya dulu magang waktu smt brp? trus kakaknya dulu tujuan magang ditulis cari pengalaman gt gpp? kalo saya ingin mangang di OJK yg di sby ngajuinnya harus di pusat(jakarta) atau di OJK sby langsung? trimakasih maaf banyak prtnyaannya hehe

Zata Atikah Amani said...

Sepengetahuan saya, meskipun ingin magang di ojk sby harus mengirim berkasnya ke ojk jakarta. Diberkasnya diberi keterangan kalau ingin magang di jkt

Mutiara Tsalitsah said...

Assalamualaikum
Ka saya boleh chat line kaka ga untuk nanya seputar magang di ojk?

Wei27 said...

Kamu jga pernah magang di ojk jakarta kah?

Wei27 said...

Kamu jga pernah magang di ojk jakarta kah?

Aditya Sandi said...

mbak saya boleh minta alamat email mbak, ingin tanya-tanya gimana cara magang nya mbak
terimakasih

Ero Ardinanta said...

apakah magang di OJK mendapatkan sertifikat?

Ero Ardinanta said...

Apakah magang di OJK mendapatkan sertifikat ?

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com