Page

Monday, March 13, 2017

Bicara Jodoh

Assalamu'alaikum

Waduh udah lama banget saya ga ngepost di blog ini, Astaghfirullah... Maaf yaa (maaf ke siapa emang?) :p
Belum ada waktu inspirasi mau nulis apaan haha (--)'

Baiklah, berhubung usia saya sudah cukup matang untuk membicarakan hal seperti ini.. 


Apa coba? 
yap! Anda benar saudara-saudara... JODOH (udah keliatan keleus dari judulnya -_-)
Agak tabu bagi saya menuliskan tentang "hal ini" di media sosial :/ karena sejujurnya ada prinsip yang ingin saya jaga untuk tidak terlalu baper masalah jodoh dan cinta... Karena pada dasarnya hanya pada Allah sesungguhnya cinta itu berlabuh :) 

source from here

Siapa sih yang tidak bertanya-tanya akan seperti apa jodoh kita kelak? Apakah akan dipertemukan dalam waktu dekat atau lama? Saya pun begitu, kadang suka berpikir.... Kapan ya akan dipertemukan? Agak terbawa baper juga melihat teman sebaya atau adik kelas yang sudah dipertemukan dengan jodohnya masing-masing. Tapi, kadang saya juga berpikir... Semua akan ada waktunya, sekarang hanya harus terus perbaiki diri, luruskan niat. Bahwasannya, memperbaiki diri bukan semata-mata hanya ingin jodoh yang baik atau sholeh. Menurut saya, terlalu egois rasanya memantaskan diri karena tujuan utamanya berharap mendapatkan jodoh yang baik dan sholeh. Tapi lebih dari itu, memperbaiki diri untuk-Nya yang telah menciptakan kita dengan segala macam rupa, sifat & keunikan masing-masing. Allah SWT :)

Ilmu saya masihlah sangat dangkal dalam membicarakan hal ini. Namun hanya ingin sedikit berbagi masalah jodoh yang saya sendiri pun masih sangat awam. Jika menilik lebih jauh diri saya, sangatlah banyak kekurangan saya. Jikapun baik dimata manusia, itu karena semata Allah yang menutupi aib hamba-Nya.

Ada kata-kata bagus nih dari Panji Ramdana tentang memantaskan diri :)
"Aku tidak belajar memantaskan diri ini karenamu, atau hanya agar aku menjadi yang kamu pilih. Aku belajar sepenuhnya adalah karena-Nya. Agar Ia menetapkan aku menjadi pilihan terbaik-Nya untuk bisa hadir mendampingimu. Jika benar aku yang Allah pilih, sejauh apa pun kamu berjalan, hatimu akan menuntunmu kembali pulang padaku. Karena aku adalah ketetapan yang telah ditetapkan-Nya. Untukmu. Pulanglah padaku." (Panji Ramdana).

Jikalau jodoh itu sesuatu yang rumit, mungkin ungkapan Kurniawan Gunadi ini bisa jadi penyejuk di kala hati gersang dan gundah gulana wkwk.

"Ada begitu banyak cara bagi Tuhan untuk mempertemukan. Terlihat rumit padahal sederhana, terlihat jauh padahal dekat, terlihat orang lain padahal kamu" ~ Semoga Allah mempertemukan kita dengan orang-orang baik 

 Seperti halnya firman Allah dalam Qur'an Surat An-Nur Ayat 26.

"Wanita -wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula.Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik." (Q.S. An Nur:26)

Agak bergidik memang membaca ayat ini, dan sering kali merenung apakah saya sudah cukup baik dimata Allah? Apakah hal yang saya lakukan selama ini hanya untuk berharap dipandang baik dimata manusia? (Na'udzubillahi mindzalik). Yaa Allah beri hamba kesempatan untuk terus memperbaiki diri :'(

Mari kita saling mendo'akan, untuk teman-teman yang sudah dipertemukan dengan jodohnya, saya turut berbahagia dan semoga berjodoh hingga jannah-Nya.. Aamiin... Buat yang belum semoga disegerakan yaa kita hehe.. Jangan kesal jika banyak orang yang bertanya, 
"kamu kapan nikah?" atau "ke kondangan mulu nih, dikondanginnya kapan?" haha
Anggap itu sebagai do'a dari mereka. Karena sesungguhnya saling mendo'akan itu adalah hal yang romantis.. Mendo'akan sahabat, keluarga, sesama muslim... Toh, do'a juga ga bayar kan hehe :D
 
Sekian tulisan saya kali ini.. Sesungguhnya tulisan ini saya buat sebagai catatan, refleksi & introspeksi buat diri saya sendiri :)

Wassalamu'alaikum
 

1 comments:

Octa Vidya Rachma said...

super sekali tulisan uni rima ini. huwaa kok ak jadi Baper sih ��

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com